Mendagri Dorong Ini di Musrenbang Regional Kalimantan

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional seluruh provinsi Kalimantan sangat penting untuk mensinergikan perencanaan pembangunan antar daerah di kawasan tersebut. Sehingga program pembangunan yang dilakukan mampu mendorong konektivitas antar daerah.

Tjahjo memberi sejumlah catatan saat rapat musrenbang tersebut. Pertama, musrenbang Regional Kalimantan untuk menetapkan sasaran pembangunan di Kalimantan. Terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan dari pembangunan regional di Kalimantan.

Pertama, kata Tjahjo, perlu dikembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi. Kedua, memprioritaskan pembangunan untuk daerah tertinggal. Ketiga, percepatan pembangunan satu kawasan perkotaan metropolitan, serta optimalisasi peran 4 kota otonom berukuran sedang. Keempat, pembangunan desa dan kawasan perdesaan. Kelima meningkatkan keterkaitan desa-kota. Dan keenam, mewujudkan kawasan perbatasan sebagai halaman depan negara yang berdaulat, berdaya saing, dan aman.

"Catatan saya kedua, terkait program prioritas daerah," kata Tjahjo.

Misal, Kalimantan Barat, menurut Tjahjo, yang harus dikembangkan yakni industri hilir. Pemantapan pengembangan SDM, pengembangan pusat inovasi, pemantapan sistem konektivitas, peningkatan pelayanan publik dan penyiapan landasan pembangunan berkelanjutan, adalah program prioritas di Kalimantan Barat. Sementara program prioritas di Kalimantan Tengah, menyangkut peningkatan kualitas perencanaan tata ruang wilayah, pemerataan infrastruktur wilayah, peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan, pesisir dan pantai, stabilitas ekonomi daerah, peningkatan pendapatan masyarakat dan peningkatan kualitas reformasi birokrasi. Program prioritas lainnya, peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan, peengelolaan industri pariwisata, pengelolaan SDA secara bijaksana dan peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi PAD.

"Untuk Kalimantan Timur, program prioritas yang harus dilaksanakan memperkuat struktur ekonomi, berkelanjutan dan berkerakyatan, menyiapkan SDM yang unggul dan siap pakai, meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas wilayah dan meningkatkan tata kelola pemerintahan berorientasi pada pelayanan publik serta memelihara kelestarian lingkungan hidup," kata Mendagri.

Sementara program prioritas di Kalimantan Selatan, lanjut Tjahjo menyangkut peningkatan kualitas SDM, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dengan e-government, pengembangan sarana prasarana strategis daerah, peningkatan ketahanan energi dan pelestarian lingkungan, penyiapan venue PON 2024 dan menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019. Sedangkan program prioritas di Kalimantan Utara, menyangkut pengurangan jumlah masyarakat berpenghasilan rendah dan peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan.

"Program prioritas lainnya, pembangunan  infrastruktur fisik dan ekonomi wilayah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pelayanan publik," kata Tjahjo. (*)

Terpopuler

To Top