Stabilitas Nasional Kunci Sukses Pemilu

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com - DUA agenda besar bakal berlangsung pada tahun politik saat ini. Keduanya menentukan konsolidasi demokrasi di Tanah Air. Momen itu yakni Pilkada yang berlangsung di 171 daerah dan pemilihan presiden.

Kunci sukses dari dua agenda itu yakni stabilitas politik yang terjaga. Kuncinya, sinergi dan koordinasi antar pemangku kebijakan.

Hal itu diutarakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat memberi arahan di acara Diskusi Publik dan Apel Kasatwil Tahun 2018 yang digelar di  Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Hajatan Pilkada, lanjut Tjahjo, bakal berlangsung di 171. Tentu ini jadi tantangan bagi para pemangku kebijakan dan otoritas yang terkait dengan pesta demokrasi tersebut. Salah satunya, mengawal agar proses pemilihan berjalan lancar tanpa gangguan apapun. Sinergi dan koordinasi menjadi kunci mewujudkan itu.

"Penguatan sinergi pemerintah yaitu di bawah koordinasi Presiden, Wakil Presiden, Menkopolhukam yang dibawahnya ada Kepolisian, TNI, Kemendagri, BIN, Jaksa Agung, Kumham, bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mendukung dan  memback up KPU dan Bawaslu yang secara mandiri sebagai penyelenggara Pilkada sampai Pileg dan Pilpres, bahkan sampai tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara)," kata Tjahjo.

Stabilitas demi mensukseskan Pilkada tak semata tugas Kepolisian, namun semua elemen. Tapi, sebagai aparat keamanan negara, kepolisian, menurut Tjahjo, memiliki kewajiban besar dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi. (*)

Terpopuler

To Top