Kemendagri Terus Sosialisasikan UU Pemilu

man-headphones
Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri, Dr. Bahtiar, M.Si. (Foto: Ist)

zonalima.com – DALAM rangka mendukung penyelenggaraan Pemilu serentak nasional 2019, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum kepada masyarakat di seluruh wilayah di Tanah Air. Beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis (31/5/2017), Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar sosialisasi UU Pemilu di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim).

“Hal mendasar yang kita atur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 ini memperluas otoritas dan kewenangan Bawaslu dan KPU,” kata Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Kemendagri, Dr. Bahtiar dalam acara sosialisasi UU Pemilu di Bangkalan.

Bahtiar mengatakan, kehadiran UU Pemilu yang baru ini diharapkan dapat menyempurnakan sistem penyelenggaraan Pemilu di Tanah Air. UU Pemilu yang ada saat ini merupakan pengkodifikasian tiga aturan perundangan terkait Pemilu, yakni UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, UU Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta UU Penyelenggara Pemilu.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali yang turut hadir pada acara sosialisasi UU Pemilu di Bangkalan mengatakan, sistem Pemilu yang dirancang dalam UU Pemilu saat ini sudah menuju ke arah yang lebih baik. Namun, bila kelak dalam pelaksanaannya tetap dinilai masih terdapat sejumlah kekurangan, tetap terbuka untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan kembali.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi UU Pemilu ini diantaranya jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangkalan, para ketua partai politik (parpol) di Kabupaten Bangkalan serta tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Bangkalan. (*)

Terpopuler

To Top