Jokowi Resmikan Terrminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

man-headphones
Presiden Jokowi saat meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018). (Foto: Ist/setkab.go.id)

zonalima.com – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (7/6/2018). Pembangunan terminal baru bandara ini lebih cepat selesai dari yang dijadwalkan.

“Bandar udara yang lain waktu konstruksi saya biasanya mengecek, di sini saya enggak mengecek, tahu-tahu jadi dan tahu-tahu kaget saya,” kata Jokowi saat peresmian.

Jokowi juga mengaku kaget ternyata terminal baru Bandara Ahmad Yani tersebut memiliki arsitektur bagus dan lingkungan yang apik.

“Yang belum satu, runway-nya masih kurang panjang Pak Menteri. Masih berapa ini? 2.500 kelihatannya, benar ya? Ya 2.500. Jadi saya minta paling lambat akhir tahun depan itu sudah tambah jadi 3.000,” kata Jokowi seraya meminta agar runway diperpanjang memenuhi standar internasional.

Dalam sambutannya, Jokowi tak menampik bahwa pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani di Jateng itu memang keinginan dirinya sebagai orang yang berasal dari Jateng. Empat tahun lalu, saat terakhir kali menggunakan terminal Bandara Ahmad Yani yang lama, dia merasa sedih.

“Ini airport bandar udara internasional tapi kok terminalnya seperti ini, berdesak-desakan, bangunannya juga. Ya maaf saya ngomong apa adanya, kok kumuh banget gitu. Tapi bertahun-tahun kok ya juga enggak dibangun-bangun, ada apa?,” kenang Jokowi seperti dilansir setkab.go.id.

Untuk itu, dua tahun yang lalu, Jokowi memerintahkan Menteri BUMN lewat Angkasa Pura I untuk menghitung pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang.

“Tapi kalau langsung saya bangun, 4 tahun yang lalu langsung saya bangun, bandara yang lain belum, nah nanti ini hanya mementingkan Jawa Tengah saja nih Presiden. Pasti, pasti banyak yang  ngomong gitu. Ya sudah yang lain dulu dimulai,” kata Jokowi.

Di akhir sambutan, Jokowi menitip kan kepada pengelola, para penumpang, khususnya masyarakat Jateng, masyarakat Semarang agar terminal baru Bandara Ahmad Yani dijaga bersama-sama karena milik bersama dan untuk kepentingan bersama.

“Oleh sebab itu, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian terminal Bandara Ahmad Yani sore hari ini. Terima kasih,” ujar Jokowi. (*)

Terpopuler

To Top