Kapuspen Kemendagri Apresiasi Militansi Jajaran Dukcapil Daerah

man-headphones
Kapuspen Kemendagri, Dr. Bahtiar, M.Si. (Foto: zonalima.com)

zonalima.com – KEPALA Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Bahtiar, M.Si mengaku sangat mengapresiasi kebijakan yang telah ditempuh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di daerah pada masa libur lebaran Idul Fitri tahun ini. Meski berada di masa cuti lebaran, jajaran Dinas Dukcapil daerah tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan, termasuk KTP elektronik (KTP-el).

Langkah yang ditempuh jajaran Dinas Dukcapil di daerah ini tentu tak terlepas dari arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Saat ini, pelayanan dokumen kependudukan tetap dibuka secara serentak di sebagian besar  daerah  di Indonesia, bahkan di daerah pelosok, seperti di Papua.

“Ketika  orang berlibur atau mudik, orang sangat membutuhkan dokumen  kependudukan. Maka kami hadir, Awalnya inisiatif. Mendagri kemudian memberikan arahan untuk meniru inisiatif seperti yang dilakukan Pemda Jawa Tengah, kini semua daerah mengikutinya. Ini yang harus diapresiasi,” kata Bahtiar di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Sekarang, jelas Bahtiar, berdasarkan laporan yang diterima hampir semua Dinas Dukcapil di daerah membuka pelayanan di hari libur. Ia contohkan,  pada hari ini Dinas Dukcapil Kota Ternate tetap melayani masyarakat yang ingin mengurus KTP-el atau dokumen kependudukan lainnya. Contoh lainnya di Dinas Dukcapil Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Di Penajam Paser Utara, lanjut Bahtiar, juga begitu, tetap membuka layanan. Pun di Dinas  Dukcapil Kabupaten Badung dan  Bangli, Bali. Pelayanan juga tetap dibuka di Dinas Dukcapil Kabupaten Jembrana. Juga telah dilaporkan bahwa di Distrik Kolawa telah melakukan perekaman offline.

“Pak Kepala Dinas Dukcapil Lanny Jaya juga telah melaporkan. Mohon diinformasikan kepada masyarakat, bahwa betapa jajaran Dukcapil telah bekerja militan demi masyarakat,” ujar Bahtiar. (*)

Terpopuler

To Top