Kementerian PUPR Kerahkan Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang Banyuwangi

man-headphones
Pembersihan material banjir bandang di Desa Alasalam, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). (Foto: Ist/pu.go.id)

zonalima.com - KEMENTERIAN PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air telah menurunkan 2 eksavator dan 4 dump truck untuk membersihkan Bendung Garit dan fasilitas umum lainnya pascabencana banjir bandang di Desa Alasalam, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Jumat (22/6/2018). Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga akan mengirimkan 2 unit mobil tangki air untuk mensuplai kebutuhan air bersih untuk warga setempat serta untuk melakukan penyemprotan fasilitas umum dari material lumpur.

“Selain itu juga akan disediakan 5 hidran umum dan melakukan inventarisasi kebutuhan lainnya di lapangan,” tulis situs resmi Kementerian PUPR pu.go.id, Senin (25/6/2018).

Seperti diketahui, banjir bandang terjadi di Dusun Garit, Karang Asem, Bangunrejo, Wonorekso dan Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, pada Jumat lalu sekitar pukul 08:40 WIB. Banjir bandang disebabkan oleh hujan lebat yang mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Badeng ke areal pemukiman masyarakat.

Banjir mengakibatkan Jembatan Garit di Kecamatan Singojuruh tersumbat oleh material banjir berupa pasir dan batang kayu sehingga air meluap ke perkampungan Desa Alasmalang setinggi 1 meter di atas aspal jalan raya.

Banjir juga mengakibatkan Bendung Garit di hulu Jembatan Garit mengalami penimbunan material di sekitar bendung dan intake serta saluran pembawa sepanjang 260 meter. Namun, kondisi bendung dan bangunan intake serta saluran masih baik. (*)

Terpopuler

To Top