Nilai Investasi Indonesia di Timor Leste Lebih dari 595 Juta Dolar AS

man-headphones
Presiden Jokowi bersama Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Francisco Guterres Lu Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (28/6/2018) siang. (Foto: Ist/setkab.go.id)

zonalima.com – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia merupakan mitra utama perdagangan Timor Leste. Nilai investasi Indonesia di Timor Leste mencapai lebih dari 595 juta dolar AS.

“Sebagaimana diketahui, 9 BUMN dan sekitar 400 perusahaan yang dimiliki Warga Negara Indonesia beroperasi di Timor-Leste. Nilai investasi Indonesia di Timor-Leste mencapai lebih 595 juta dolar AS,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Francisco Guterres Lu Olo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (28/6/2018) siang.

Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Timor-Leste Francisco Guterres Lu Olo yang datang beserta Ibu Negara Timor Leste,  Cidalia Lopes Nobre Mouzinho, di Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi mengatakan, Indonesia dan Timor Leste sepakat memulai negosiasi dan mencapai kesepakatan untuk perjanjian promosi dan perlindungan investasi, serta perjanjian penghindaran pengenaan pajak berganda.

“Saya yakin Pemerintahan Presiden Lu Olo akan terus memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi investasi Indonesia,” kata Jokowi.

Indonesia dan Timor Leste, lanjutnya, juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang  konektivitas. Beberapa kerja sama konektivitas yang dibahas, antara lain penyelesaian pembangunan jembatan Mota’ain yang menghubungkan Mota’ain dengan Batugade dan juga menambah frekuensi penerbangan yang ada.

“Kita menyambut baik bahwa setelah 10 tahun pembahasan, rute penerbangan Kupang-Dili akhirnya dibuka. Untuk konektivitas darat, Perum Damri Indonesia telah siap untuk meningkatkan konektivitas darat dengan menjadi operator rute dari Kupang-Dili,” kata Jokowi.

Sementara di bidang sosial budaya, Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan pembangunan kapasitas.

“Indonesia menyambut baik keinginan besar pelajar, mahasiswa Timor Leste melanjutkan studi di Indonesia,” ujar Jokowi. (*/setkab.go.id)

Terpopuler

To Top