Pemda Harus Fokus Dalam Melaksanakan Reformasi Birokrasi

man-headphones
Menteri PANRB Asman Abnur saat menghadiri IDF 2018 di Jakarta, Selasa (10/7/2018). (Foto: Ist/menpan.go.id)

zonalima.com - PELAKSANAAN reformasi birokrasi di daerah haruslah fokus pada perbaikan, seperti akuntabilitas kinerja, zona integritas, perbaikan SDM, penguatan kelembagaan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dalam acara Indonesia Development Forum (IDF) 2018 di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Asman mengatakan, pihaknya terus mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menghadirkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

“Dengan demikian program yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” kata Asman.

Asman menegaskan, setiap Pemda harus fokus terhadap hasil yang dapat memberi manfaat pada masyarakat, tidak sekedar menjalankan program semata. Pemda tidak lagi boleh hanya memikirkan serapan anggaran, namun yang harus difikirkan adalah pelaksanaan program sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atau belum.

Saat ini, lanjut Asman, Kementerian PANRB tengah melakukan perbaikan sistem perencanaan dan pengadaan CPNS berdasarkan pada kebutuhan, bukan sekadar keinginan. Selain dari itu SDM berkualitas dapat dihasilkan melalui penerapan sistem promosi jabatan secara terbuka. Dengan demikian hanya SDM yang berkompeten yang dapat mengisi suatu jabatan di pemerintahan daerah.

Di bidang pelayanan publik, salah satu program yang tengah digenjot adalah pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di sejumlah kota di Tanah Air. Daerah yang sudah memiliki MPP antara lain DKI Jakarta, Surabaya, Batam, Denpasar, Banyuwangi, Bitung, Bekasi, Tomohon, dan Karangasem.

“Pengintegrasian pelayanan daerah dan pusat dalam satu lokasi memberi kemudahan serta efisiensi waktu bagi masyarakat,” kata Asman seperti dilansir menpan.go.id.

Asman menambahkan, Pemda memiliki peran penting sebagai penentu arah tujuan pembangunan yang ingin dicapai. Melihat hal itu, Asman pun mengajak seluruh Pemda untuk berinovasi, melahirkan terobosan yang berdampak kepada perbaikan kualitas pelayanan publik. (*)

Terpopuler

To Top