Sebanyak 4.486 Jemaah Haji Akan Diberangkatkan di Hari Pertama Pemberangkatan

man-headphones
Ilustrasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia. (Foto: Ist/kemenag.go.id)

zonalima.com – PROSES pemberangkatan Jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci akan dimulai pada 17 Juli 2018 mendatang. Sebanyak 4.486 jemaah akan diberangkat pada hari pertama pemberangkatan yang terbagi ke dalam 11 kloter.

“Total ada 4.486 jemaah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 17 Juli,” kata Kasi Pelayanan Transportasi Udara Kementerian Agama (Kemenag) Edayanti Dasril di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Edayanti mengatakan, 4.486 jemaah haji yang akan diberangkatkan pada hari pertama itu terbagi ke dalam 11 kloter. Mereka akan diberangkatkan melalui lima embarkasi, yakni Embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta - Pondok Gede/JKG (1 kloter), dan Makassar/UPG (1 kloter).

Sementara, total embarkasi ada 13 embarkasi pemberangkatan. Selain lima embarkasi yang melayani penerbangan pada hari pertama tersebut, ada Embarkasi Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Palembang (PLM), Jakarta – Bekasi (JKS), Banjarmasin (BDJ), dan Balikpapan (BPN).

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia, jelas Edayanti, akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama, jemaah diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Pemberangkatan gelombang pertama berlangsung selama 13 hari, 17 - 29 Juli 2018.

Sedangkan, jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Proses pemberangkatannya berlangsung selama 17 hari,  30 Juli - 15 Agustus 2018.

Terpisah, Kasubdit Dokumentasi dan Perlengkapan Haji Kemenag Nasrullah Jasam mengatakan, sepekan jelang pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci, visa untuk 160 kloter sudah siap. Proses ini terus berjalan dengan target visa jemaah haji gelombang pertama sudah selesai semua sebelum pemberangkatan kloter pertama.

“Alhamdulillah, sampai pagi ini sudah 65.913 visa yang siap atau setara 160 kloter,” ujarnya. (*/kemenag.go.id)

Terpopuler

To Top