Proyek Padat Karya Tunai di Banyuasin Berjalan Baik

man-headphones
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan program padat karya tunai di Banyuasin, Sumsel, Jumat (13/7/2018). (Foto: Ist/setkab.go.id)

zonalima.com – PEMERINTAH menilai pemanfaatan anggaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk program padat karya tunai (PKT) di Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan dengan baik. Hal itu diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau pelaksanaan PKT pengecoran jalan di Pangkalan Geblak, Banyuasin, Jumat (13/7/2018).

“Saya melihat bagus pemanfaatannya, membikin infrastruktur yang kecil, jalan desa dengan total tadi anggaran yang didrop di proyek itu Rp284 juta,” kata Jokowi.

Melalui pelaksanaan proyek ini, Jokowi mengaku mendapat informasi dari pekerja bahwa gaji yang didapatkan mereka per hari sebesar Rp95 ribu.

“Artinya padat karya ini sudah memberikan manfaat ekonomi untuk income-income di masyarakat,” kata Jokowi.

Selain pengerjaan jalan, dalam program PKT di daerah ini juga dilakukan pembangunan posyandu. Selain itu, pembuatan sarana sanitasi berupa 30 jamban untuk 30 Kepala Keluarga (KK) dengan anggaran Rp2 juta per unit.

“Saya lihat juga bagus jambanisasi tadi, membikin jamban-jamban keluarga kurang lebih Rp2 juta per jamban,” tutur Jokowi seperti dilansir setkab.go.id.

Jokowi menilai, penggunaan dana desa untuk program-program pembangunan irigasi, jalan, jambanisasi, atau posyandu, sangat efektif.

“Dalam 4 tahun ini, sudah kita berikan kurang lebih Rp187 triliun pada desa, pada daerah. Manfaatnya tentu saja kita ingin perputaran uang di bawah juga semakin banyak,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top