Total Dana Desa Rp187 Triliun, Jokowi: Penggunaannya Harus Tepat Sasaran

man-headphones
Presiden Jokowi berdialog dengan peserta acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun 2018, di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Rabu (25/7/2018). (Foto: Ist/setkab.go.id)

zonalima.com – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam empat tahun terakhir, total dana desa yang telah dikucurkan pemerintah mencapai Rp187 triliun. Rinciannya, tahun 2015 sebesar Rp20 triliun, tahun 2016 Rp47 triliun, serta pada tahun 2017 dan 2018 masing-masing Rp60 triliun.

“Oleh sebab itu, penggunaannya harus tepat sasaran. Apa yang diperlukan desa itu, kerjakan dengan dana desa ini,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan pada acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun 2018, di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Rabu (25/7/2018).

Jokowi pun mencontohkan pekerjaan yang bisa didanai dari dana desa, seperti pengerjaan irigasi, jalan maupun keperluan produktif lainnya di desa. Kepala Negara pun berpesan agar setelah desa mendapatkan anggaran, pembelian barang-barang material itu tetap dibeli di desa atau sekitarnya dan jangan di kota.

“Untuk apa? agar uang itu beredar di situ terus, perputaran uangnya ada di desa, perputarannya ada di lingkup kecamatan. Jangan dilarikan ke kota lagi, ke kota nanti lari ke Jakarta uangnya, lari ke Jakarta lagi,” kata Jokowi seperti dilansir setkab.go.id.

Terkait usulan dana kelurahan yang disampaikan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APKASI), kepada wartawan Jokowi mengatakan, usulan itu masih dalam proses penggodokan. Semua perlu dihitung dan dikalkulasi.

“Masih dalam hitung-hitungan. Sekali lagi, apakah fiskal kita mampu, kalau mampu juga akan diberikan,” ujar Jokowi. (*)

Terpopuler

To Top