Pemerintah Tambah Dana Desa Jadi Rp85 Triliun Tahun Depan

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa Lingkup Regional Balai Pemerintahan Desa di Yogyakarta yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), Rabu (25/7/2018). (Foto: Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com - KOMITMEN Presiden Joko Widodo (Jokowi) memajukan desa tidak diragukan lagi. Sejak mulai menjabat, dana bantuan untuk desa terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Tahun depan, dana desa akan ditingkatkan lagi secara signifikan.

“Di era pemerintahan bapak Presiden Jokowi, bantuan dana desa terus ditingkatkan secara signifikan,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Yogyakarta, Rabu (25/7/2018).

Sejak tahun 2015 hingga 2018, jelas Tjahjo, dana bantuan untuk desa jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 2015, dana  yang telah dikucurkan sebesar Rp20,7 triliun. Pada tahun 2016 meningkat menjadi Rp40, 9 triliun. Kemudian pada tahun 2017 dan 2018, dana desa kembali ditingkatkan menjadi  Rp60 triliun setiap tahunnya. Jadi total dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah hingga saat ini mencapai Rp187 triliun.

Tahun depan, kata Tjahjo, alokasi dana desa akan ditingkatkan lagi. Rencananya dana desa akan ditambah menjadi Rp85 triliun,  Dana bantuan sebesar itu semata-mata untuk memajukan desa. Tjahjo yakin dana desa yang diberikan bisa memacu pembangunan di desa.

“Dana desa ini untuk pembangunan di desa dan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di desa,” kata Tjahjo. 

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar membenarkan rencana penambahan dana desa tahun depan. Menurutnya, peningkatan dana desa adalah komitmen pemerintah untuk mempercepat pemerataan pembangunan. Ini sesuai dengan spirit Nawacita Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran.

“Rencananya memang pada 2019, dana desa jumlahnya akan ditingkatkan lagi hingga menjadi Rp85 triliun,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top