SBY-Prabowo Sepakat Koalisi

man-headphones
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saling memberi hormat saat bertemu di Jl. Kertanegara, Senin (30/7/2018). (Foto: Ist/demokrat.or.id)

zonalima.com – KETUA Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sepakat berkoalisi pada Pemilu serentak tahun 2019. Kesepakatan itu diambil setelah keduanya bertemu di kediaman Prabowo di Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018).

“Ada kehendak dari kedua pihak untuk menjalin suatu sinergi, suatu kerja sama yang erat dalam menghadapi keadaan negara yang dalam kesulitan,” kata Prabowo dalam jumpa pers bersama SBY.

Gerindra dan Demokrat, jelas Prabowo, akan membahas langkah ke depan dalam waktu dekat. Gerindra dan Demokrat sepakat bekerja sama.

“Kita sepakat untuk melaksanakan, untuk melakukan kerja sama politik, tentunya akan terwujud dalam koalisi,” kata Prabowo.

Prabowo akan mengajak partai-partai lain juga mengikat diri dalam koalisi. Pembicaraan dengan partai lain akan segera dijajaki untuk meresmikan koalisi.

Terkait sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung koalisi, Prabowo mengatakan, akan dibahas 10 hari ke depan.

“Mengenai calon wakil presiden, Pak SBY juga ingin menegaskan kembali, sekali lagi bahwa Presiden SBY tidak menuntut atas nama Partai Demokrat satu nama tertentu. Sama sekali beliau menyampaikan, menyerahkan kepada saya jika saya menjadi calon presiden dari koalisi ini,” kata Prabowo.

Sementara itu, SBY mengatakan, Prabowo sebagai calon presiden (capres) yang siap diusung koalisi.

“Kami datang dengan keyakinan Pak Prabowo calon presiden kita,” kata SBY.

SBY mengatakan, pertemuan kedua dengan Prabowo ini telah membuat kesepakatan kian terang. Dia pun menyerahkan kepada Prabowo soal cawapres yang akan dipilihnya.

“Itulah akhirnya Pak Prabowo akan mengambil keputusan nanti yang akan jadi running mate-nya,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top