Masih Ada Instansi Pemerintah Yang Belum Melakukan Penataan Kelembagaan

man-headphones
Acara sosialisasi Peraturan Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2018 di Manado, Sulut, Kamis (2/8/2018). (Foto: Ist/menpan.go.id)

zonalima.com – KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mencatat masih banyak instansi pemerintah yang belum melaksanakan penataan kelembagaan dan proses bisnis secara maksimal. Padahal, Menteri PANRB telah mengeluarkan dua peraturan terkait hal itu, yakni Peraturan Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah.

“Melalui sosialisasi ini kami mengharapkan adanya perluasan pemahaman mengenai kedua peraturan Menteri PANRB tersebut,” kata Sekretaris Deputi (Sesdep) Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB T. Eddy Syahputra pada acara sosialisasi Peraturan Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (2/8/2018).

Eddy berharap, dengan terbitnya kedua Peraturan Menteri PANRB tersebut, instansi pemerintah segera menyusun peta proses  bisnis dan melakukan evaluasi kelembagaan agar diperoleh profil kelembagaan yang tepat ukuran dan tepat fungsi.

“Kami akan melakukan asistensi dan verifikasi terhadap hasil evaluasi tersebut,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulut Edwin Silangen mengapresiasi langkah Kementerian PANRB yang melakukan sosialisasi kebijakan ini dan memilih Manado sebagai kota tempat penyelenggaraan acara sosialisasi. Ia berharap kegiatan ini bisa mendorong percepatan reformasi birokrasi di daerah, khususnya kawasan Timur Indonesia agar tidak ketinggalan dengan wilayah lain. (*/menpan.go.id)

Terpopuler

To Top