DPR Apresiasi Pembentukan Pokja Pendamping Sasaran Deradikalisasi BNPT

man-headphones
Rakor Pembentukan Pokja Pendamping Sasaran Deradikalisasi Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta di Surabaya, Rabu (20/2/2019). (Foto: Ist/BNPT)

zonalima.com - Langkah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Direktorat Deradikalisasi Subdit Bina Masyarakat membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pendamping Sasaran Deradikalisasi merupakan langkah tepat dalam menjalankan salah satu amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2018. Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Pokja Pendamping Sasaran Deradikalisasi Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta di Surabaya, Rabu (20/2/2019).

Arteria berharap pembentukan Pokja ini dilakukan dengan hikmat, cermat, konsisten, dengan parameter terukur agar program deradikalisasi berhasil dengan baik.

“Saya ucapkan apresiasi khusus dan luar biasa dengan langkah BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme. Tidak hanya mengumpulkan orang, tetapi membangun jejaring. Ini yang kita harapkan, tidak hanya main atas, tapi sudah bisa terlembaga sampai ke bawah sampai ke desa-desa, bahkan RT, RW,” kata Arteria.

Mudah-mudahan, jelas Arteria, niat baik dan UU yang bagus ini bisa digunakan sehebat-hebat dan secermat-cermatnya dalam melaksanakan penanggulangan terorisme melalui program deradikalisasi. Juga diharapkan dengan UU yang baru dengan BNPT sebagai nakhoda,  masyarakat bisa menerima manfaatnya secara langsung. Dia melihat giat antiterorisme relatif lebih efektif pasca lahirnya UU Nomor 5 Tahun 2018.

Arteria berharap deradikalisasi tidak hanya menyentuh kepada mantan teroris dan keluarganya saja, tetapi juga kegiatan yang lebih substantif yaitu bagaimana membumikan wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, disamping kewirausahaan itu sendiri. Dia meyakini bahwa yang namanya pencegahan, pemulihan mindset (pemikiran) jauh lebih efektif dibandingkan hal lain.

“Saya banyak diskusi dengan Direktur Deradikalisasi BNPT Prof Irfan Idris. Beliau sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Apalagi dibawah kepemimpinan abang kami Suhardi Alius. Kami tinggal menunggu waktu, memetik buah kerja-kerja hebat ini,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top