Fokus 2016, Tjahjo Beberkan Empat Isu Strategis

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Puspen Kemendagri)

zonalima.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bertekad untuk meningkatkan kinerja kementeriannya pada tahun 2016. Berkaca pada tahun 2015, setidaknya ada empat isu strategis yang akan terus dikawal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2016.

"Kinerja Kemendagri 2015 yang sudah tercapai dan akan terus ditingkatkan pada tahun 2016 ‎dengan sejumlah isu strategis yang harus dilaksanakan," kata Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (26/12/2015).

Keempat isu strategis tersebut, jelas Tjahjo, pertama adalah isu revolusi mental. Sebagai poros pemerintahan, Kemendagri harus terus menggelorakan isu revolusi mental bagi aparatur pemerintahan dan dipraktikkan dalam semua lapisan dan tingkatan pemerintahan.

Isu kedua, terkait pelayanan publik. Pelayanan publik harus terus ditingkatkan. Budaya dan mental priyayi yang minta dilayani di kalangan aparatur pemerintah haruslah dibuang jauh-jauh.

"Aparat harus melayani bukan dilayani. Fungsi pelayanan dan fungsi pembinaan-pendidikan/pelatihan, menjadi fungsi utama Kemendagri," tegas Tjahjo.

‎Isu strategis ketiga, sambung Tjahjo, terkait penyerapan anggaran. Isu ini merupakan salah satu informasi yang paling banyak dipantau masyarakat. Perencanaan dan pelaksanaan anggaran harus lebih diefektifkan, efisien, serta penyerapan anggaran harus lebih dioptimalkan dengan tetap memperhatikan kualitas sasaran strategis pembangunan daerah yang hendak dicapai.

Isu strategis keempat, lanjutnya, pilkada serentak yang menjadi headline utama Kemendagri pada tahun 2015. Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 lalu sebagai tonggak budaya baru demokrasi yang telah dilaksanakan dengan tertib, lancar, dan sukses oleh KPU, Bawaslu, dan didukung oleh Polri, TNI, BIN, Kejaksaan, elemen-elemen masyarakat prodemokrasi, jajaran pemerintah daerah, dan khususnya MPR, DPD, dan DPR.

"Ini dijadikan pengalaman untuk pelaksanaan pilkada serentak di masa berikutnya yang lebih baik, utamanya dalam mempersiapkan pilkada serentak nasional dan pilkada serentak daerah," ujar Tjahjo. (Arjuna Al Ichsan Siregar)

Terpopuler

To Top