Mendagri Upayakan Eks Gafatar Pulang Tanpa Ditolak

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (sumber: zonalima.com)

PEKANBARU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengupayakan agar para mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dapat kembali ke kampung halamannya masing-masing dengan selamat tanpa ada penolakan dari masyarakat lingkungan sekitar.

"Kultur masyarakat kita ini pemaaf. Kita akan berupaya dan saya yakin mereka bisa kembali diterima masyarakat," kata Tjahjo usai memberikan pengarahan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Riau, di Gedung Daerah, Pekanbaru, kemarin.

Ia mendorong agar para eks Gafatar ini berani untuk kembali ke rumahnya. Bukannya terus menerus berada di lokasi pengungsian. Menurut dia, ada langkah alternatif lain yakni transmigrasi. Namun, pihak pemerintah tetap menyarankan para warga ini kembali daerah asal.

Tim dari Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama kepolisian juga saat ini tengah turun ke sejumlah daerah untuk memberi pemahaman ke masyarakat. Sebab, kendalanya adalah sikap dari warga sekitar yang belum tentu mau menerima mantan Gafatar ini.

"Munculnya kasus ini, kami tidak ingin terjadi lagi seperti kasus Ahmadiyah atau persoalan masyarakat penganut paham Sunni dan Syiah di Jawa Timur," ujar dia.

Terpopuler

To Top