Mendagri: Kemerdekaan Harus Kita Isi Dengan Kerja

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Puspen Kemendagri)

zonalima.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memimpin upacara peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-71 di Lapangan Upacara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (17/8/2016). Turut hadir perwakilan kepala desa, lurah dan camat sebagai peserta upacara.

Menteri Tjahjo berpesan kepada perwakilan wilayah ini untuk turut menjaga stabilitas daerah. Mereka juga diminta mempercepat proses pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Kemendagri sebagai poros pemerintahan dari Presiden sampai kepala desa punya peran dan tanggung jawab yang sama, menjaga stabilitas negara, daerah, kecamatan, kelurahan dan desa,” kata Tjahjo dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara.

Tjahjo juga mengingatkan, di setiap desa/kelurahan dan kecamatan ada unsur dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. Mereka diminta menjalin komunikasi baik dengan semua elemen tersebut. Begitu juga dengan pihak kepolisian dan TNI.

“Jalin komunikasi yang baik untuk sama-sama menggerakan dan organisir masyarakat di lingkup kecamatan/desa, kuncinya untuk jaga stabiltas agar target percepatan dan optimalisasi pembangunan ini bisa bisa cepat terwujud,” tutur Tjahjo.

Makna 71 tahun merdeka, jelas Tjahjo, pemerintah harus bekerja. Seorang kepala desa  sampai Presiden hari ini masih dapat amanah untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkatan masing-masing. Amanah itu harus dipertanggungjawabkan, tidak hanya kepada masyarakat, namun kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kemerdekaan harus kita isi dengan kerja, kerja, kerja. Untuk masyarakat dan bangsa yang kita cintai,” kata Tjahjo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), jelas Tjahjo, dengan Nawa Cita-nya mempersiapkan pondasi 100 tahun Indonesia merdeka. Kuncinya mempercepat pembangunan infrastruktur, pembangunan yang berorientasi mempercepat kesejahteraan rakyat. Harapan ini akan terwujud kalau semua pihak bergotong royong, bergerak, mengorganisir diri.

“Kemerdekaan adalah jembatan emas menuju kesejahteraan rakyat,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top